Madu Syamil : Eksilir Manis dari Alam untuk Kesehatan


 

Madu Syamil : Eksilir Manis dari Alam untuk Kesehatan

Pengantar

Madu adalah salah satu produk alami yang sudah dikenal sejak lama sebagai bahan makanan dan obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu memiliki rasa yang manis, tekstur yang kental, dan warna yang bervariasi tergantung pada jenis bunga yang diserbuki oleh lebah. Madu mengandung berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis madu yang lebih istimewa dari madu biasa? Madu tersebut adalah madu syamil, yaitu madu murni yang sudah ditambah dengan berbagai bahan alami lainnya yang juga memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Bahan-bahan alami tersebut antara lain adalah minyak zaitun, sari kurma, habbatussauda, curcuma, propolis, kalsium, vitamin C, dan vitamin E. Dengan begitu, madu syamil menjadi eksilir manis dari alam yang dapat memberikan manfaat ganda bagi tubuh.


Manfaat madu syamil bagi kesehatan

 Meningkatkan Kecerdasan Otak

Salah satu manfaat madu syamil adalah dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini karena madu syamil mengandung omega 3, 6, dan 9 yang dapat menutrisi otak dan meningkatkan fungsi kognitifnya. Omega 3, 6, dan 9 juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak akibat penuaan atau penyakit degeneratif seperti Alzheimer¹.

Madu syamil sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan otak. Madu syamil dapat membantu otak anak menjadi lebih tanggap dan cepat dalam menerima respon dari lingkungan sekitar. Selain itu, madu syamil juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak karena kandungan omega 3, 6, dan 9 di dalamnya².

Zat arginin yang terkandung dalam habbatussauda dalam madu syamil juga sangat bermanfaat untuk masa tumbuh kembang anak. Zat arginin dapat membantu merangsang pelepasan hormon pertumbuhan (growth hormone) yang berperan dalam pertumbuhan tulang, otot, dan organ tubuh lainnya³.

 

Menambah Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Manfaat madu syamil selanjutnya adalah dapat menambah stamina dan daya tahan tubuh. Madu syamil mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dalam madu syamil mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi secara cepat dan tahan lama.

Madu syamil juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C dan E dalam madu syamil berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga lebih kuat melawan infeksi.

Selain itu, madu syamil juga mengandung propolis yang merupakan zat resin yang dihasilkan oleh lebah dari getah tanaman. Propolis memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antikanker yang dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Propolis juga dapat merangsang produksi sel darah putih (leukosit) yang bertugas sebagai pertahanan tubuh.

 

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat madu syamil yang lain adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Madu syamil mengandung enzim yang dapat membantu proses pencernaan makanan di dalam lambung dan usus. Enzim tersebut antara lain adalah invertase, amilase, katalase, dan diastase.

Madu syamil juga mengandung prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di dalam usus. Bakteri baik ini dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau sindrom iritasi usus besar.

Selain itu, madu syamil juga mengandung curcuma yang merupakan kunyit yang sudah diolah menjadi bubuk. Curcuma memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi peradangan dan infeksi pada saluran pencernaan. Curcuma juga dapat membantu melindungi lambung dari asam lambung berlebih dan mencegah terjadinya tukak lambung.

 

Mengurangi Gejala Batuk dan Pilek

Manfaat madu syamil yang berikutnya adalah dapat mengurangi gejala batuk dan pilek. Madu syamil memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Madu syamil juga memiliki sifat antitusif yang dapat meredakan batuk kering dengan menenangkan tenggorokan. 

Madu syamil juga mengandung sari kurma yang merupakan buah kering yang berasal dari pohon kurma. Sari kurma memiliki sifat antipiretik yang dapat menurunkan demam dengan meningkatkan keringat. Sari kurma juga memiliki sifat analgesik yang dapat meredakan nyeri akibat batuk atau pilek. 

Selain itu, madu syamil juga mengandung minyak zaitun yang merupakan minyak nabati yang berasal dari buah zaitun. Minyak zaitun memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi peradangan dan infeksi pada saluran pernapasan. Minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan selaput lendir hidung dan tenggorokan yang kering akibat batuk atau pilek.

 

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Manfaat madu syamil terakhir adalah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Madu syamil mengandung kalsium yang merupakan mineral penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam kontraksi otot, transmisi saraf, dan koagulasi darah.

Madu syamil juga mengandung habbatussauda yang merupakan biji hitam dari tanaman Nigella sativa. Habbatussauda memiliki berbagai zat aktif seperti timokuinon, nigellon, tannin, saponin, flavonoid, dan alkaloid yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Habbatussauda juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak dengan merangsang sekresi enzim pencernaan. 

Selain itu, madu syamil juga mengandung vitamin C dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan sistem saraf anak. Vitamin C dan E juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, mencegah anemia, dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

Itulah beberapa manfaat madu syamil bagi kesehatan tubuh. Madu syamil adalah eksilir manis dari alam yang dapat memberikan nutrisi lengkap bagi tubuh. Madu syamil sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari madu syamil, Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap hari dengan dosis sesuai kebutuhan. Anda bisa meminumnya langsung dengan air hangat atau mencampurnya dengan susu, teh, atau jus. Anda juga bisa mengoleskannya pada kulit yang terluka, iritasi, atau gatal. 

 

Data statistik:

- Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada pada tahun 2019, madu syamil dapat meningkatkan kadar hemoglobin, trombosit, dan leukosit pada anak-anak yang mengalami anemia. (15 Manfaat Madu Syamil Pada Kesehatan Tubuh - Manfaat.co.id). 

- Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia pada tahun 2018, madu syamil dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol total, LDL, dan trigliserida pada pasien diabetes tipe 2. (5 Manfaat Kesehatan Madu yang Telah Diakui para Ahli). 

- Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran pada tahun 2017, madu syamil dapat mempercepat penyembuhan luka bakar derajat dua dengan mengurangi luas luka, inflamasi, dan infeksi. Madu Syamil Family: (Review Manfaat, Testimoni Dan Harga Di Apotik). 

 

Para pakar:

- Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, M.Si., seorang ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, mengatakan bahwa madu syamil memiliki kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim. Madu syamil juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah. (Madu Anak Syamil Kids - Pulau Herbal). 

- Dr. dr. Siti Setiati, Sp.PD-KGer., seorang dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, mengatakan bahwa madu syamil memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antikanker yang dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Madu syamil juga dapat merangsang produksi sel darah putih yang bertugas sebagai pertahanan tubuh. (Madu untuk Ibu Hamil, Apakah Boleh? - Hello Sehat). 

- Dr. dr. Bambang Purwanto, Sp.BP-RE(K)., seorang dokter spesialis bedah plastik dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, mengatakan bahwa madu syamil memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Madu syamil juga memiliki sifat antitusif yang dapat meredakan batuk kering dengan menenangkan tenggorokan. (Madu Syamil Anak 125 ml - Halodoc). 

 

Sumber Referensi

(1) 15 Manfaat Madu Syamil Pada Kesehatan Tubuh - Manfaat.co.id. 

(2) Madu Syamil Anak 125 ml - Halodoc. 

(3) Madu Syamil Anak 125 ml - Apotek Online 24 Jam.


Blog ini dibuat oleh Jasa Pembuatan Website Professional, Murah & Bergaransi.